Kata "Harus"

Wednesday, June 13, 2007 Fay 0 Comments

Jujur, aku ga suka denger kata "harus", baek secara langsung maupun ga langsung, baek secara eksplisit atau implisit, baek secara terang-terangan atau ungkapan, yea you name it hehehe... Bahkan walo untuk hal yang baik... pasti aku jadi bete, walo kalo untuk hal yang baek yah aku cuman butuh waktu buat nenangin diri sebelum akhirnya nerima 'n ngelakuin hal yang di"harus"kan itu.

Apa itu artinya ego-ku tinggi? Atau punya bibit pemberontak? Hihihi... bu zhi dao deh...

Contoh pertama yang bikin aku nyadar kalo aku ga suka di"harus"in... Dulu waktu aku SD, kalo misalnya besoknya aku ada ulangan, pasti deh TV di rumah mati, trus dilarang tidur sampe malem banget tapi harus bangun pagi-pagi banget trus duduk di meja belajar (buat belajar off course). Tapi yang ada aku malah sering ketiduran di meja yang seharusnya buat belajar itu... hehehe... Trus kadang kalo mau ulangan atau ada tes apa gitu, sehari sebelonnya mamaku pasti nebakin aku, seringnya pake buku "Gemar Belajar" (pernah ada yang tau buku itu ga? Isinya pertanyaan-pertanyaan 'n ada kunci jawabannya). Aku ga suka model belajar ditebakin gitu... gatau rasanya sebel aja... Padahal ada kan orang yang kalo belajar malah terbantu kalo ada temennya yang nebakin materi yang udah dia baca? Nah, aku bukan orang yang seneng kalo ditebakin, bawaannya malah tambah bete hehehe... Kayaknya the whole method of studying itu sama kayak kata "harus" buat aku. Oh iya satu lagi, selaen itu sempet juga aku di-les privat-in di rumah. Yang terakhir ini lumayan mendongkrak prestasilah, dari yang sebelonnya ga masuk ranking 10 besar jadi masuk.

Pas SMP, maybe karna mamaku dah ga bisa lagi ngedampingin aku sedeket sebelonnya pas aku belajar, ke"harus"an itu melonggar. Kelas 2 awal itu aku belajar semau-mauku, belajar sambil jalan-jalan, sebentar nangkring di kursi, sebentar jalan mondar-mandir, sebentar sambil makan... (instead of sitting in front of meja belajar), kalo malem dah rada bosen ya belajar sambil dengerin radio, sambil sesekali ikutan nyanyi kalo lagunya enak (instead of belajar dalam kesunyian), belajar sampe malem tapi paling mentok ya sampe midnite-lah (instead of tidur ga terlalu malem 'n bangun pagi-pagi banget)... Hasilnya langsung drastis bow, aku langsung juara 1, sampe semua pada kaget... ortu murid yang laen pada nanya ke mamaku gimana cara belajarku... Giliran mamaku yang seneng tapi bingung ngejawabnya (hihihi...) coz cara belajarku itu bukan termasuk cara belajar yang serius, malah cenderung nyante atau ngasal hehehe... Tapi sejak itu mamaku ga pernah meng"harus"kan apa-apa lagi, aku belajar sesukaku, ga diatur, 'n aku tetep juara 1 sampe lulus SMP. Kalo SMA laen cerita bow soalnya pindah sekul ke Surabaya, which is persaingannya lebih berattt hihihi... Tapi cara belajarku tetep sama sampe kuliah hehehe... 'n tetep aja ga suka ditebakin hehehe...

Dan kata "harus" terakhir yang aku alamin (hari Minggu kemaren) sebenernya bobotnya lebih ringan dibanding ke"harus"an dalam hal belajar dulu itu. Kali ini "harus"nya berhubungan ama privasi 'n orang asing. Aku ga suka kalo ada orang asing (dalam arti orang itu belon kenal deket ama aku 'n aku juga belon kenal deket ama orang itu - dengan catatan aku emang butuh waktu rada lama buat bisa akrab ama orang laen) yang nyampein suatu hal dengan kata "harus" ke aku. Dalem hati aku mbatin, "Hey, who are you, really?" Bukan siapa-siapa tapi ngatur-ngatur... Tapi karna aku tau bahwa hal yang dia omongin itu adalah hal yang baek (aku bete coz pertama, orang ini masih a stranger buat aku, kedua, karna dia meng"harus"kan aku untuk hal yang udah aku pikirin 'n mau aku lakuin atas pemikiranku sendiri sebelomnya), so aku cuman diem aja, sambil nenangin diri... Tapi ya itu, sempet bete duluan deh hehehe...

Yea well... I still have to work on this hehehe.... Biar ga buang waktu buat ngerasa bete untuk hal-hal yang sebenernya ga perlu bikin aku bete... coz toh walopun "harus", tetep keputusan itu ada di aku kan? Hehehe...

0 comments: