Motherhood and Balancing

Tuesday, October 30, 2007 Fay 0 Comments

Tadi pagi malessss banget buat bangun... Secara dari tadi malem ujan, hawanya enak banget dibuat bobok... Alarm ha-pe yang udah disetel mulai jam 04:45 (niatnya siy mo senam pagi, kayak beberapa hari belakangan ini), aku matiin 'n setel ulang beberapa kali sampe yang terakhir aku set jam 05:50 hehehe... Batal deh senamnya hehehe... Coba hari ini libur enak banget... molor di tengah suasana yang adem...

Tadi malem sebelon jam 11 tidur aku sempet ngobrol ama mamaku 'n Rian by phone, terpisah of course, ga barengan hehehe...

Dari kemaren emang aku lagi kangen ama mamaku... 'n kemaren pas telpon kita sempet nostalgia, cerita-cerita waktu aku kecil, cerita tentang papaku, tentang engkong-emakku, tentang masa remajaku... Aku bilang ke mamaku kalo jarang ada mama ama anak yang kayak aku ama dia, bisa berbagi 'n saling cerita tentang hampir semua hal... Mamaku juga setuju, temen-temennya dia (temen kuliahnya atau temen se-kantornya dulu yang juga punya anak) ga ada yang bisa saling cerita gitu ama anaknya (lebih tepatnya anaknya juga ga cerita-cerita ama mereka, beda ama aku ke mamaku).

Maybe it's becoz dari kecil mamaku membiasakan diri terlibat dalam kehidupanku. Aku inget pas dulu masih TK, begitu aku pulang sekolah, mamaku nanyain tadi di sekolah diajarin apa aja, aku langsung cerita deh, termasuk cerita tadi jajan apa aja, ada kejadian apa aja... Jadi mungkin karena dari kecil dah terbiasa jadinya ga ada jarak yang gimana gitu... Aku nggak pernah ngerasa mamaku ada di pihak lawan, aku selalu bisa nyaman ama dia, dia juga cerita segala macem ke aku.

Mamaku juga ada bilang kalo dia berusaha berempati, nempatin dirinya di posisiku sebagai anak. Prinsip ini kayaknya yang paling sering diajarin mamaku ke aku. Waktu dulu aku masih kecil 'n lagi nakal-nakalnya, sering banget dia bilang, "Kalo Fifi ga mau digituin ya jangan gituin orang laen...". Setelah aku tambah gede pun kadang dia masih mengulangi prinsip yang sama, "Coba Fifi bayangin kalo Fifi jadi dia, mau nggak digituin?" Hehehe... ya kadang dia juga ngomongin kebalikannya...

I'm so thankful to have a mother like her... Dengan alamiah dia bisa bikin aku ngerasa kalo dia ada di pihak yang sama kayak aku, sekaligus tetep punya tanggung jawab sebagai orang tua. I hope I can do the same principle to my child (later) hehehe... Jadi ga ada gap antara orang tua ama anak, kayak yang sekarang kebanyakan terjadi. Keluarga seharusnya menjadi tempat yang pertama buat anak berbagi, bertanya, berdiskusi, mendapatkan prinsip-prinsip dasar kehidupan. Keluarga udah seharusnya menjadi sumber 'n landasan pertama darimana anak untuk mendapatkan gambar diri yang bener, pola pikir yang bener, konsep-konsep tentang hubungan yang bener...

Kalo sekarang yang kebanyakan terjadi tuh gap antara orang tua ama anak jelas banget... mereka ga bisa saling berbagi dengan deket... Kalopun ada jumlahnya dikit banget... Akibatnya anak lebih mencari sumber dari luar, dari media, dari temen-temen, dll yang ga terjamin... iya kalo yang dia serap itu nilai-nilai yang bener, kalo enggak? Phew... Ini yang seharusnya bikin semua nyadar bahwa membangun hubungan antara anak ama ortu itu penting banget... fundamental banget...

Aku terakhir ini baca 2 buku, lupa aku baca dari buku yang mana, pokoknya ada satu hal yang intinya kayak gini, "Seorang ibu membesarkan anak laki-laki, tapi seorang ayah membesarkan laki-laki dewasa." Dalam membesarkan anak peran kedua orang tua itu penting, bukan cuman salah satunya, dengan begitu anak bisa dapet gambaran 'n input yang seimbang.

Maybe keadaan saat ini nggak se-perfect itu, tapi kita selalu punya kesempatan buat memperbaiki 'n membangun sesuatu yang baru (dan bener), with Him of course. Nggak peduli status kita sekarang sebagai anak, ortu, atau calon ortu. Ziayouuuuu...!!!

0 comments: