Perpisahan di Rumah Duka

Tuesday, November 06, 2007 Fay 0 Comments

Hari ini adek temen kantorku meninggal. Adiknya emang udah sakit kanker hati dari lama, tapi belakangan ini temenku (kak Prima) memang lagi bergumul soal adiknya ini (coz masalah adiknya complicated, dulu dia sempet bilang ke aku kalo dia hampir give up ngurusin semuanya tentang keluarganya, termasuk adiknya ini), coz udah beberapa kali masuk RS. Kak Prima beberapa bulan ini juga deket banget ama adiknya, di tengah kesibukannya sebagai salah satu segment producer Solusi Life (yang kerjaannya seabreg-abreg, sering pulang subuh pagi balik lagi ke kantor), dia pulang ke rumah ‘n ngerawat adiknya… Yah, seperti yang pernah dibilang ama TB Joshua, kadang kematian juga salah satu bentuk kesembuhan…

Waktu tadi aku dateng ke rumah kak Prima ama beberapa orang kantor, aku jadi nyadar… bahwa emang kematian itu ga bisa diprediksi… Kak Prima bahkan sebelum ini udah hire pembantu plus udah ngajuin permintaan pindah ke kerjaan dia yang lama, jadi bagian administrasi produksi, supaya dia punya lebih banyak waktu buat ngerawat adiknya… Semuanya tadi pada nangis… adik-adik kak Prima yang laen juga keilangan banget… Ada adiknya yang masih ga terima karena dia dah doain tapi kok ga sembuh, “… padahal kan katanya ada kesembuhan dalam nama Yesus…”. Trus ada juga pertanyaan di otakku, kalo tau endingnya juga meninggal, pernah ga siy terbersit protes/pertanyaan/penyesalan: “Trus ngapain aku ngerawat dia sampe segitunya kalo akhirnya dia juga meninggal?”

Aku kagum banget ama kak Prima… Dia bener-bener mengutamakan keluarganya, sayang ‘n perhatian banget ama adiknya… apalagi belakangan ini, waktu kerjaannya lagi padat banget, dia juga sama padatnya ngurusin adiknya… Tadi ada orang kantor yang bilang, “Prima udah ngelakuin yang terbaik, dan Arto (nama adiknya) mempunyai kenangan yang paling indah karena dia tahu kakaknya sayang ama dia ‘n ga menyerah ama dia…” Dia tetep keukeuh, tetep fight… sampe saat terakhir adiknya… She's the model for constant and consistent love from God...

Aku jadi inget dulu waktu emakku meninggal 2 tahun lalu… aku juga ga nyangka… aku pikir masih bisa ketemuan lagi pas aku mudik… tapi ternyata aku mudik waktu dia udah meninggal… Ada penyesalan kenapa pas mudik-mudik sebelumnya aku ga do something more for her… I wasn’t prepared coz saat terakhir aku mudik dia masih sehat-sehat aja… Mana yang sering dia tanyain pas saat-saat terakhir itu aku… Yah well… life must go on… we learn from our past mistakes and do better today

Dari situ aku jadi mikir… emang yang paling berharga itu adalah bener-bener berbuat maksimal di hari ini untuk orang-orang yang kita cintai. Karna kita ga pernah tau apa yang bakal terjadi besok… Seringkali kita terlalu mempermasalahkan hal-hal kecil sampai kita menyakiti orang lain, melukai orang lain, dan juga diri kita sendiri. Kalo inget bahwa kematian itu ga terduga, mungkin kita bakal lebih menghargai waktu yang kita punya ama orang-rang yang kita sayang, bakal ga membesar-besarkan masalah yang sebenernya bisa dihadapi dengan kepala dingin, bakal lebih menghargai mereka, lebih sabar ama mereka, menyayangi mereka, dan lebih menghindari untuk menyakiti perasaan mereka…

Tadi pagi aku sempet baca Pengkotbah bentar… ada yang bilang intinya lebih baik ada di rumah duka daripada ada di pesta dan bersenang-senang… something like that… (ga sempet cari ayatnya hehehe…). I think that’s true… Kalo dipikir lebih dalem… memang ujung-ujungnya satu… yang penting takut akan Tuhan… karena semuanya berawal dari Dia, oleh Dia dan untuk Dia… juga melakukan hal-hal yang berarti untuk orang-orang yang kita kasihi hari ini… so we can share His love with them, through many ways…

0 comments: