Tentang Puisi

Friday, November 24, 2006 Fay 0 Comments

Tadi pas all staff Chappel, ada orang HRD kantor yang sempet bacain puisinya. Menurutku bagus siy... apa yah, tiap orang kan punya caranya sendiri buat mengekspresikan apa yang ada di pikirannya dalam bentuk puisi or bentuk tulisan yang laen, 'n itu emang subyektif banget...

Tapi yang aku ga suka, orang-orang yang laen ngetawain gitu... yeah.. orang-orang "normal" yang laen, yang bukan puisi-ers... Maybe mereka emang becanda, biar seru 'n rame gitu... Tapi buat aku, aku ga suka banget denger tanggapan mereka, itu bukan sikap yang menghargai orang laen, bukan sikap yang menghargai satu perbedaan yang sebenernya wajar, I mean kalo dibandingin secara jumlah emang Puisi-ers di sini minoritas banget, tapi bukan berarti aneh atau sesuatu yang rendah kan?!! Walopun di sini minoritas, tapi itu bukan berarti abnormal. Seringkali orang menggolongkan "normal" 'n "abnormal" itu cuman sebatas kaitannya ama mayoritas 'n minoritas. Cetek banget kan?

Satu hal lagi yang bikin aku rada kesel tadi, mantan sahabatku (dengan sangat menyesal aku harus pake istilah ini coz dulu dia sahabatku tapi sekarang cuman jadi temen biasa, ya karena sesuatu dan laen hal yang prinsipil banget buat aku) juga sempet ngetawain waktu orang HRD bacain puisi, dan dia nyeletuk "temennya tawon..." sambil ketawa-ketawa gitu waktu ada kalimat yang pake kata "sengat" (aku dah lupa kalimat utuhnya apa, but I think that's a good words...). Padahal dulu dia tau banget aku suka bikin puisi, 'n dulu dia terlihat menghargai, aku pikir coz dia juga punya jiwa seni cuman jiwa seninya bukan di puisi... Tapi ternyata aku salah... dia bener-bener ga bisa ngeliat 'n ga bisa menghargai... Thank God aku dah tau yang sebenernya... (Well... maybe kalian yang baca ini ada yang mikir aku bersikap terlalu berlebihan... but again, this is my opinion 'n this is very subjective... and I wrote this in my own blog... so it's simply my private right to say so...)

Aku inget ada lagunya Franky Sihombing yang bikin aku rada pengen protes pas denger bagian yang ini: "...Biarkanlah... ku menyembah... walau tak dengan puisi yang indah..." Lah emang kenapa kalo ekspresi orang-orang tertentu (include me) dalam menyembah Tuhan itu lewat puisi? Kan ga harus lewat lagu? Semua ekspresi itu adalah penyembahan, cuman bentuknya aja yang beda, kemasannya aja yang beda, tapi jiwa yang di dalamnya itu kan satu...

Trus tadi orang HRD kantor yang baca puisi itu kan encourage orang-orang laen yang juga suka puisi gitu buat bacain puisinya di depan.. dan nyebutin namaku, "...seperti Fifi.." gubraxxx... 'n semua mata melihat ke arahku huaaaa... Okay, satu sisi aku pengen banget ngebuktiin ke mereka kalo puisi dan orang yang puisi-er itu sama kayak mereka, cuman peng-ekspresi-annya aja yang beda, 'n aku pengen mereka belajar juga menghargai perbedaan ini. Satu sisi laen, aku juga males, males ngelakuin something yang sebenernya berarti tapi ditanggepin seolah-olah ga berarti atau aneh atau berlebihan, hanya karena mereka ga punya 'sense' yang sama. Well.. liat aja ntar... hehehe... sori kalo rada esmosi hehehe...

0 comments: