Ternyata oh Ternyata...

Saturday, December 06, 2008 Fay 0 Comments

Tentang 3 hal yang aku temukan hari ini... yang salah satunya ada sangkut pautnya ama pencantuman sumber tulisan...

Barusan aku kan cek FS... ternyata ada yang liat itu dari profile FS-nya salah satu forum (yang jelas bukan forum Jawaban.Com hehehe). Trus aku akhirnya jadi buka forum itu 'n iseng join jadi membernya.

Pas masuk ke salah satu thread... ada yang judulnya "Arti Pacaran"... Karna itu judul artikel yang sama kayak yang pernah aku tulis buat Jawaban.Com dulu... aku buka... 'n ternyata emang bener itu artikelku T_T Yap... lagi-lagi tanpa sumber...

Sebelon ini pernah juga nemu tulisan yang sama di salah satu blog, cuman penulisnya udah nyantumin sumbernya (ya Jawaban.Com coz haknya kan udah jadi punya Jawaban.Com hehehe...) setelah aku kasitau... Yang ini aku rada malu seh hihihi... soalnya langsung bete begitu tau ada yang copy paste tanpa nyantumin sumber... jadi aku negurnya emang nunjukin bete gitu... 

Tapi kali ini enggak... coz aku ga sepenuhnya bete siy... tapi separuh seneng coz ternyata banyak juga yang ngerasa diberkatin dari artikel itu plus separuhnya lagi bete... jadi fifty2 gitu lah hehehe... (Enjie, I'm sure you too are definitely know how I feel hihihi...) Kali ini, secara aku udah jadi member forum itu, aku posting nanya, "...itu nulis sendiri atau copy paste yah? Kok aku pernah baca di Jawaban.Com... emang artikel lama siy..." hihihi... kita liat aja responnya...

Itu hal pertama yang aku temuin... Hal kedua... ternyata yang posting artikel itu juga member forum Jawaban.Com... aku tau setelah aku buka profile dia... Emang kita ga saling mengenal, tapi aku tau orangnya... Trus... hal ketiga... pas aku liat gallery photo, ternyata ada juga member forum Jawaban.Com yang ikutan kopdar Surabaya di forum itu hehehe...

Hal pertama ini kayaknya yang bakal aku ikutin hihihi... ga rela bok hehehe... Yah kan wajar aja dalam etika tulis menulis... kalo dapet dari sumber laen a.k.a ga nulis sendiri, it's a normal thing buat nyantumin sumbernya. Kalopun gatau penulis aslinya siapa, paling ga nyantumin lah dia dapet dari mana... Kalo dari email ya tulis dari forward-an email atau milis... Kalo dari blog orang ya cantumin alamat blognya... Kalo dari website ya cantumin nama websitenya... It's a normal ethics in writing...

Hmmm... Yah... we'll see hehehe.... 

0 comments: