Peter Pan Syndrome

Monday, November 26, 2007 Fay 0 Comments

Hehehe... akhirnya nulis tentang ini lagi deh... Sebelumnya aku dah pernah nulis di sini tahun lalu. Berawal dari ngobrol iseng ama Tammy di YM, trus sempet juga ngobrolin topik yang sama ama Anti... and aku bakal tulis sebagian obrolan kita.

Nggak aneh kalo ada satu saat dalam kehidupannya, seseorang ngerasa stuck... Satu sisi kita tahu bahwa kita harus melangkah maju, tapi di sisi lain kita masih nyaman dengan kondisi kita sebelumnya. Misalnya... kita kangen banget saat-saat SMA atau kuliah dulu, 'n kalo bisa pengen balik aja ke masa-masa itu daripada menghadapi resiko menjadi orang dewasa yang harus bertanggung jawab atas diri sendiri dan mungkin mulai bertanggung jawab atas orang lain. Atau mungkin kita ngerasain "peter pan syndrome" ini ketika kita berada di titik di mana kita tahu bahwa jalan di mana kita berdiri akan mengarah maju, dimana tantangan dan tanggung jawab yang akan kita hadapi di depan sana akan bertambah... sementara ada bagian dari diri kita yang masih merasa enggan melangkah maju... ada rasa ragu, apakah kita siap, apakah kita akan mampu menjalani masa depan itu dengan baik? Ada juga rasa takut, karena kita tidak pernah tahu persis apa saja yang akan kita hadapi di depan nanti...

Menurutku... "peter pan syndrome" ini hal yang wajar... karena pada titik ini setiap orang harus membuat keputusan dalam hidupnya. Mungkin keputusan itu ga dilakuin atau ga keliatan dalam sekejap mata, mungkin itu berupa keputusan yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama, karena semua hal membutuhkan proses. Apapun itu, pada awalnya diperlukan respon dan langkah pertama. Tanpa respon atau langkah pertama, kita tidak akan bergerak kemana-mana... Karena jika diresponi dengan pasif, "peter pan syndrome" bisa membuat kita "mati" di dalam (usia fisik terus bertambah namun usia di dalam diri kita berhenti bertambah).

It takes the gut to move forward and to keep growing... Merasakan "peter pan syndrome" mungkin bisa dipandang sebagai kesempatan untuk menjadi lebih baik, nggak berhenti pada kesuksesan masa lalu, tapi melangkah dan bersiap-siap untuk membangun kesuksesan yang berikutnya. Ingat bahwa Dia ingin membawa kita dari satu kemuliaan kepada kemuliaan yang lain, Dia ingin membawa kita untuk terus naik... dan Dia tidak bermaksud untuk menyuruh kita berjuang sendirian, Dia sudah berjanji bahwa tanganNya akan menuntun kita, memimpin kita, tangan kananNya memegang kita dan membawa kemenangan. It takes our faith to walk with Him...

Jadi inget salah satu quote yang pernah aku baca: Dalam keberanian bukan berarti tidak ada ketakutan, tapi ada satu keputusan untuk menguasai rasa takut itu.

PS: Jia you Tammy 'n Anti!!! ^.^

0 comments: