Mencegah Account Twitter Anda Di-hack

Sunday, November 29, 2009 Fay 0 Comments


Saya sudah menemukan ada beberapa account Twitter yang di-hack dan account-account ini digunakan untuk mengirim DM (Direct Message) spam ke semua follower mereka. 

Kok Bisa Sih Di-Hack?

Ada 2 cara account Twitter Anda bisa di-Hack:

1. Account yang sudah di-hack mengirimkan DM ke account Twitter Anda dan bernada mirip seperti yang di bawah ini:
- Hah, this is you? http://URL
- Wow look at this http://URL
- What's your IQ http://URL
Atau variasi yang lain. Intinya, pesan ini tidak ditujukan secara spesifik kepada Anda.

Pesan yang asli biasanya tidak sependek itu dan seharusnya memuat informasi tambahan atau komentar tertentu dari pemilik account Twitter yang mengirimkan DM tersebut kepada Anda. URL atau link yang ada di dalam DM itu juga agak aneh dan bukan bit.ly atau tiny.url yang umumnya digunakan oleh 99% pengguna Twitter.

2. Anda diarahkan ke situs yang tampilannya mirip Twitter
Anda bisa diarahkan ke situs yang mirip Twitter lewat link atau URL yang Anda klik dari tweet orang lain atau dari DM. Waktu Anda mengklik link yang Anda pikir mengarah ke gambar atau ke situs informasi tertentu, Anda malah diarahkan ke situs yang tampilannya mirip Twitter.Com. Mungkin Anda langsung mengira itu memang Twitter.Com karena tampilannya benar-benar mirip, tapi jangan gampang terjebak.

Seorang scammer telah membuat duplikat dari situs Twitter yang hostingnya di server mereka, sehingga waktu Anda memasukkan username dan password untuk login, mereka meng-copy username dan password Anda lalu mengarahkan Anda ke situs Twitter yang asli. Dan dengan cara ini account Twitter Anda sudah berhasil dihack.

Jangan Sampai Di-Hack!

Cara yang paling gampang untuk mencegah account Twitter Anda di-hack adalah jangan mengklik link yang ada di dalam DM (Direct Message) yang terlihat aneh atau tidak ditujukan spesifik untuk Anda (kelihatan seperti pesan yang ditujukan untuk umum atau disebar secara massal). Untuk lebih amannya, Anda bisa mengirimkan DM kepada pengirim link itu untuk memastikan apakah memang mereka yang mengirimkan link itu kepada Anda (bukannya si hacker). DM yang perlu dicross-check dan diwaspadai adalah DM yang berasal dari orang yang tidak benar-benar Anda kenal atau yang sudah lama tidak berhubungan dengan Anda. (Nggak semua orang yang Anda follow dan yang jadi follower Anda di Twitter benar-benar Anda kenal di dunia nyata kan? :p)    

Ingat bahwa serangan hacker ini hanya berhasil jika Anda langsung saja mengklik setiap link yang dikirimkan lewat DM kepada Anda tanpa pertimbangan atau pemeriksaan terlebih dulu, atau jika Anda langsung saja memasukkan username dan password pada situs yang mirip Twitter.Com tapi sebenarnya palsu (periksa alamat situsnya). Anda perlu berhati-hati karena kalau account Twitter Anda dihack yang jadi korban bukan cuma Anda tapi juga para follower Anda.

Bagaimana Kalau Account Twitter Saya Sudah Terlanjur Di-Hack?

Kalau misalnya account Twitter Anda sudah di-hack, segera ubah password Anda atau minta reset password lewat Twitter Support Site.

Anda bisa follow saya di @im_twalk atau @im_indonesia untuk tips-tips lainnya tentang internet marketing dan social media (termasuk Twitter dan Facebook).

Anda juga bisa Retweet artikel ini untuk menyebarkannya pada teman-teman Anda lewat link di bawah ini.

0 comments: