It's All for The Process

Friday, March 28, 2008 Fay 0 Comments

Topik ini aku obrolin ama ce Iin (istrinya koko rohaniku) di telpon malem-malem. Lupa juga awalnya kita ngomong apa kok jadi nyambungnya ke sini hehehe...

Kita ngomongin soal generasi ini. Kalo diperhatiin, kebanyakan generasi dulu (kayak papa mama kita, atau kakek nenek kita apalagi) tuh lebih cepat dewasa 'n juga lebih kuat karakternya dibanding kebanyakan generasi sekarang. Dalam hal ketekunan, orang-orang dulu yang kebanyakan kita tau itu tekun banget, ga gampang putus asa, bener-bener mau berusaha membangun sesuatu dari nol sampe jadi sukses. Dalam hal relationship, orang-orang dulu itu ga neko-neko, serius dalam hal pernikahan dan keluarga, 'n mempertimbangkan hal-hal yang paling esensi (bukan hal-hal yang sebenernya ga terlalu penting). Khusus untuk yang terakhir aku udah live interview ama papa 'n mamaku sendiri hehehehe... Dalam hal laen juga gitu... beda aja ama kebanyakan generasi sekarang. Note that "kebanyakan" doesn't mean "semua"...

Generasi sekarang cenderung mengalami degradasi coz sekarang banyak hal-hal yang dulunya susah didapatkan sekarang jadi lebih gampang, lebih instant. Akibatnya itu berpengaruh ke pola pikir yang pengen cepet dapetin apa yang kita mau dalam waktu yang sesingkat mungkin 'n dengan usaha yang seminimal mungkin. Ini ngefek ke semua bidang kehidupan, orang pengen cepet kaya, cepet beken, ya contohnya banyak perbuatan-perbuatan yang menghalalkan segala cara, curang, licik, de el el... Gitu juga dalam hal relationship, selaen semakin meningkatnya free sex, ini ngefek ke orang ga mau susah-susah dalam menjalin hubungan, pacaran mau cuman enak-enaknya doang, de el el. Ce Iin bilang yang namanya dalam berhubungan, dalam relationship, pasti butuh pengorbanan 'n butuh usaha untuk menjaga 'n mengembangkan hubungan itu.

Bedanya, generasi dulu mementingkan proses, mereka mau menjalani proses. Dan proses itulah yang membentuk karakter mereka menjadi semakin kuat 'n dewasa. Sementara generasi sekarang sudah dipengaruhi budaya instant. Tuhan kita mementingkan proses... we can read it anywhere in the bible... kebenaran itu ada dalam setiap situasi, proses itu pasti ada dalam setiap kisah sukses. Ga ada jalan pintas untuk sukses, kesuksesan itu adalah sebuah proses.

Sempet siy di tengah obrolan itu aku jadi nyadar kalo budaya instant itu juga berpengaruh ke aku, walo belon terlalu parah hehehe...

Trus ce Iin juga sempet cerita kalo belakangan ini dia 'n ko Lung-lung (koko rohaniku) ngerenung 'n mengilas balik perjalanan mereka... Aku sedikit banyak tau juga siy, soal komunitas rohani kita dulu... Waktu di komunitas yang dulu, mereka ngalamin hal-hal yang ga enak, imbasnya juga ke aku 'n yang laen juga siy, cuman maybe ga terlalu kerasa soalnya yang kena langsung itu mereka, terutama ko Lung-lung. Beda ama komunitas yang sekarang.

Aku juga jadi sempet mengilas balik perjalananku sendiri... Ce Iin juga bilangin aku, kalopun aku ngalamin hal-hal yang ga enak, just keep move on coz they are parts of my process. Yupe... somehow kita semua juga mengalami proses, cuman bentuknya aja yang beda-beda. And we shall thank Him for the process, coz melalui proses itu Dia membawa kita mendekat kepadaNya 'n membentuk kita menjadi seperti yang Dia mau secara spesifik... to be better, more mature, more fruitful, and strengthens our characters as children of God...

Jadi inget apa yang Dia bilang waktu aku suatu malem jalan kaki pulang ke kos... Waktu itu jalanan rada gelap, lebih gelap dari biasanya...
"Duh Tuhan, kok gelap banget siy..."
"Tapi kok kamu terus jalan?"
"Ya kan aku tau tujuanku, aku mau pulang ke kos..."
"Nah... kamu kan juga tau kalau Aku punya rencana masa depan yang terbaik buat kamu, meskipun sekarang kamu belon bisa ngeliat semua itu..."
"Iya..."
"So, what will you do?"
"Keep move on..."

Sama kayak waktu itu, aku tau aku mau pulang ke kos. Walopun aku masih ga bisa liat kos coz masih rada jauh, tapi aku tau tujuanku. Ini sama aja... walopun kita masih belon liat kayak apa detailnya hari-hari yang ada di depan sana, tapi kita tau bahwa Tuhan mempunyai hal-hal yang terbaik untuk kita anak-anakNya.

That's a really strong reason for us to keep move on... through the process.

So, jiayou all... keep your hopes fly with its wings... coz we have a Mighty Dad...
^.^

0 comments: