My Family

Friday, May 19, 2006 Fay 0 Comments

Suddenly this morning I wanna write about my family... I think this is one thing yang God mau aku renungin and syukuri... to have a family such like I had... Sekalian sebagai pelampiasan kangen...

My Grandpa (Alm.)

My grandpa a.k.a. my mom's father, udah deket ama aku sejak aku masih SD... Kalo pulang sekolah, sebelon aku bisa naek sepeda sendiri, selalu dijemput ama dia 'n pulang naek becak. Aku sering tanya-tanya ke dia tentang banyak hal, soalnya emang engkongku ini suka baca buku 'n pengetahuannya emang luas banget. Aku inget dulu pernah nanya ke dia, pas aku masih suka dengerin kaset sanggar cerita (kaset dongeng gitu hehe... aku punya kasetnya dongeng "Putri Duyung", "Beauty and The Beast", "Manusia Jahe", "Cinderella") "Ngkong, putri duyung tu ada nggak siy?" hehe... soalnya penasaran getu... pernah denger juga katanya di kepulauan Flores ada sodara jauh yang pernah liat beneran sosok putri duyung (yang katanya tampangnya serem, ga cantik kayak yang dibilang di dongeng). Baru pertanyaan itu yang bikin engkongku diem bentar 'n mikir, akhirnya jawab "Ga tau yah..." hehehe... he usually can answer all my other questions...

Tiap aku tidur malem coz belajar buat ulangan besoknya, engkongku yang nemenin, sambil baca buku juga. Engkongku juga pernah ngasih aku beberapa buku dongeng bahasa Inggris ("Putri Salju", "Putri Angsa", apalagi yah lupa... hehe..). Sering kalo siang-siang abis pulang sekolah 'n kelar lunch kita duduk-duduk di kursi tamu 'n aku minta dia dongengin (ya nerjemahin juga pastinya hehehe...). Kadang juga kalo di sekolah minggu dikasih Pe-Er suruh menghafal nyanyian (ada catatan notnya), aku minta engkongku yang kasih contoh (soalnya waktu itu aku masih belon bisa baca not), jadilah engkongku nyanyi... tapi aku malah lebih suka dengerin dia nyanyi sambil aku becandain daripada belajar niruin nyanyian dia hehehe...

Pas SMP, ada satu kejadian sedih... yang jadi penyebab dia akhirnya kena stroke... Aku inget pas waktu itu siang, listrik tiba-tiba mati. Engkongku keluar meriksa sekering listrik. Pas mo balik ke dalem (rumahku kan ada undak-undakannya), engkongku kesandung 'n jatuh... Pas hari itu masih gapapa, dipikir jatuh biasa aja. Tapi besoknya engkongku demam... and lama kelamaan sempet kena penyakit Stephen Johnson, trus stroke... Selama masa aku SMP sampe kuliah, dalam keadaan stroke kadang ada beberapa kemajuan dan kemunduran. Engkongku sempet bisa jalan pake tongkat setelah sebelumnya cuman bisa duduk di kursi roda. Sampe aku SMA (aku SMA ngekos di Surabaya, jadi baru ketemu dia kalo aku pas lagi mudik ke Bangkalan) engkongku masih nyambung kalo diajak ngomong 'n becanda walopun ingatannya kadang short term memory lost... Masih rajin nanyain gimana sekolahku and masih bisa aku ajak becanda sampe dia ketawa-tawa...

Tapi pas aku kuliah (di Surabaya juga), kondisinya udah ga memungkinkan lagi untuk tetap stay di Bangkalan, coz harus sering check up ke dokter, so jadilah engkongku tinggal di rumah my mom's brother di Surabaya. Makin lama makin memburuk sampe akhirnya engkongku cuman tergeletak di tempat tidur aja, sering tidur, jarang bisa nyambung... Tapi kadang kalo aku 'n my family nengokin, pas waktu aku samperin dia masih inget, manggil namaku 'n nanyain sekolahku... Rasanya ga enak banget if you love someone but you can't do anything buat merubah kondisinya... My dad waktu itu juga udah ngomongin buat siap-siap... just in case suddenly engkongku just gone... I was sad but I think it's better daripada engkongku tersiksa, punggungnya banyak yang luka karna dia berbaring terus di tempat tidur... the whole family thought so too... but kita tetep usahain yang terbaik.

Sebelum he past away, pernah I told him about JC... (sebelonnya God confirm me to do it and aku cuman minta supaya waktu itu di kamar aku 'n my grandpa cuman ditinggal berdua). And ternyata it happened... padahal hampir ga pernah engkongku ditinggal sendirian, kalo keluarga dateng biasanya ngumpul di kamar engkongku semua, tapi waktu itu just me and him... so I guessed it was the time... and at last he accepted JC in his heart. Beberapa bulan setelah itu... pas aku lagi pulang ke kos abis kuliah, my mom called me and said that my grandpa had just died... quietly in his room...

Waktu jenazahnya masih di Adiyasa (tempat penempatan sementara jenazah, kira-kira 1 mingguan, sebelum pemakaman, biasanya semua kerabat 'n kenalan jenazah semasa hidupnya ngumpul dulu di sana), aku biasa aja, just didn't feel anything, maybe coz sebelumnya udah siap juga. But after pemakaman di Bangkalan, setelah aku balik ke kos di Surabaya (coz aku masih ambil kursus multimedia), one night in my room, I cried... I missed him so much... Sampe sekarangpun kadang aku masih kangen ama dia. The most wonderful grandpa...

My Grandma (Alm.)

My mom's mother... Semuanya dari pihak my mom soalnya kalo ortunya my dad yang grandma dah meninggal pas aku masih bayi, my grandpa meninggal pas aku kelas 4 SD, tapi emang ga deket aja hubungannya, so aku ga begitu kenal ama dia. My grandma ini emang orangnya perfeksionis and keras banget, but I love her... Waktu kecil kadang dia yang nyuapin aku makan hehe...

Dia yang paling keukeuh ngejalanin (mempertahankan) tradisi chinese di rumah. Dari mulai tahun baru cina, ketupat, de el el... dah lupa.. hehe... soalnya my mom, my dad and aku sendiri dah ga terlalu strict ama tradisi, dah biasa aja getu hehe... Tapi kadang tradisi yang ngumpul-ngumpul getu seru juga, jadi ketemu ama sodara-sodara jauh banget yang sebelonnya ga kenal (coz kalo ga ada acara-acara kayak getu ga bakal ngumpul). Biasanya rumah yang dijadiin base camp, coz grandma ama grandpa kan tinggal ama my family di Bangkalan. Tapi dulu waktu kecil gatau knapa aku suka sembunyi getu pas pada rame-rame ngumpul hehe... jadi maen petak umpet deh, dipanggilin ama grandma kemana-mana tapi aku terus bergerilya (pindah-pindah tempat getu hehe.. nakal yah...) sampe tu sodara pulang semua baru aku nongol... abis getu diomelin deh hehe... Tapi makin gede aku dah ga gitu lagi kok.

Kalo malem my grandma 'n grandpa dah mo tidur getu, ranjang mereka kan masih ranjang yang model tua getu dulu, tinggi, gede 'n pake kelambu. Aku sering maen di ranjang mereka, sering membayangkan aku lagi naek kapal gede di tengah laut hehe... Setelah semua naek kapal (ya maksudna my grandpa, grandma, 'n me of course) aku tutup kelambunya trus pura-pura ngedayung hehe... kadang sambil ngebayangin di kiri kanan ada ikan melintas trus buru-buru ke tengah karna serem hehehe... what a simple imagination... hehe...

Aku ga nyangka banget grandma past away justru di saat aku ga bareng dia. Bener-bener ga nyangka coz waktu aku brangkat ke Lippo Cikarang dia masih sehat-sehat aja. Dia pesen supaya aku hati-hati 'n selamat... cipika cipiki... that was December 2004, terakhir kali ketemu 'n ngomong-ngomong ama dia waktu mudik... And September 2005 she past away... aku ditelpon my dad pas waktu lagi di Jakarta abis dari JPCC. And saat itu juga aku dianter temenku ke bandara setelah telpon bosku 'n ijin... When I saw her di Adiyasa the next morning... I wanna cry but I couldn't... Selama di Adiyasa aku ga mau thought even a little about her... Setelah aku balik ngantor, satu sore aku bikin puisi tentang dia and aku nyaris ga bisa nahan nangis, di ruanganku.. Apalagi kalo inget my mom bilang kalo saat-saat terakhir grandma hidup, dia sering banget bilang mau ke Bekasi (aku kan kerja di Lippo Cikarang Bekasi)... I miss her too...

My Dad

Mom pernah cerita, dulu waktu aku masih bayi, dad ikut ngegantiin popok and nyuci celana bayiku. Trus aku inget dulu waktu dia ngajarin aku naek sepeda roda dua, diajarinnya pake megang kepalaku (biar aku bisa sambil ngelatih keseimbangan) 'n dia jalan cepet di sebelahku. seingetku siy waktu belajar sepeda ga pernah jatoh deh.. ato maybe pernah tapi ga parah-parah amat yah? lupa hehe.. And waktu aku masih kecil (SD awal-awal), kalo my dad kulakan barang ke Surabaya naek motor, pulangnya selalu bawain roti goreng... aku 'n my mom biasa nungguin dia pulang di halaman, trus kita bertiga makan roti goreng bareng ^_^ so sweet... Tapi gatau yah, makin lama hubungan kita jadi makin biasa aja... ga kayak dulu lagi... T_T Tiap kali liat roti goreng, jadi inget masa-masa itu..

My dad orangnya rada kaku, ga biasa ngungkapin care dengan sentuhan or kata-kata, tapi langsung action. Kadang terkesan keras kepala kalo udah nyangkut beberapa area. Tapi kalo diliat dari latar belakangnya (cara dia dibesarkan ama keluarganya) he's really tried to be the best father for me... Waktu aku dah TK besar sampe SD, aku jarang banget ketemu dia.. Pagi-pagi dah berangkat ke toko sementara aku belon bangun, malem-malem pas aku dah tidur, baru pulang... Itu emang masa-masa perintisan awal toko siy, so papaku emang kerja keras. The truthnya baru dia ceritain ke aku pas aku SMP. Dad bilang dia minta maaf ke aku coz dia ga ngedampingin aku waktu kecil, 'n dia baru tau dari temennya kalo masa-masa kecil anak tu butuh kedua orangtuanya, ga cuman mama doang...

Waktu itu dia juga jadi cerita apa yang bikin dia segitu getolnya kerja keras, coz dulu dia miskin banget, satu-satunya baju bagus yang dia punya cuman seragam sekolah. Kalo pagi dia belanja ke pasar buat mamanya (mamanya jualan kue) sekalian ngejualin kue mamanya dulu, baru berangkat sekolah. Kalo beli makanan di luar, 1 porsi dijadiin buat makan bertiga selama 2 hari.. Pas SMP ke SMA, harus ganti celana warna item, coz kasian ama my dad, temennya bantuin nge-wantex item celana papaku... Dia ga mau aku ngerasain susah kayak dia dulu, kalo pengen apa gitu ga bisa beli cuman bisa mendem di hati aja... Itu pengakuan heart to heart yang paling berkesan buat aku, coz my dad jarang banget terbuka gitu...

Kadang dia berusaha sok cool juga, paling paniknya baru keliatan di depan my mom doang, tapi kalo di depan banyak orang dia terkesan cool-cool aja... hehe.. Waktu aku mau pindah dari kos Surabaya 'n rencana mo pindah kos ke Lippo Cikarang sini, di depanku dia ga keliatan panik. Tapi my mom bilang kalo dad benernya panik banget waktu mikir gimana-gimananya ^_^ He do care for me... Walo kadang caranya aja yang rada hurt, dia ga pernah ngebanggain aku (di depan orang laen or di depanku), seringnya mengkoreksi aku (di depan orang laen 'n juga di depanku), sedang aku orangnya emang sensitif... so aku sering down juga 'n bertanya-tanya sebenernya dia bangga ga siy punya anak aku... So sampe sekarang aku tryin' to mahamin 'n ngertiin aja kalo my dad emang bermaksud baek, supaya aku jadi lebih dewasa 'n berkembang, dengan cara yang terbaik yang dia tau...

Dulu papaku kadang masakin nasi goreng, enak deh nasgornya hehe... tapi sejak aku ngekos dah ga pernah, lha wong aku juga pulangnya jarang.. Trus dia juga ngajarin makan nasi campur telor asin, jadi dipenyet-penyet 'n dicampur gitu, jadi nasi warna kuning hehe.. makanya ga heran kalo kebiasaan makanku suka mengaduk-aduk dulu hehe..

Komunikasi my dad 'n me emang rada kaku, kadang aku juga bingung mo ngomong-ngomong apa ama dia.. Aku lebih sering cerita-cerita segala macem ama mom.. But I try to fix that... Sejak aku di Lippo Cikarang kalo di telpon dia paling getol ngomongin aku suruh minum air yang banyak, olah raga, makan... hehe... Padahal dulu sempet disuruh diet, tapi sekarang malah disuruh gemukan lagi hehehe... soalnya jauh kali ya.. jadi biar kesehatanku terjaga... ^_^ I luv my dad...

My Mom

The woman of my life ^_^ mamaku pas waktu hamil aku bener-bener ngejaga, soalnya kandungannya ga kuat, kata dokter aku berhasil kayak gini aja udah syukur-syukur banget, coz sempet posisiku kebalik 'n waktu mo lahir leherku terlilit ari-ari. Pas hamil bener-bener ga boleh ngapa-ngapain selaen makan 'n tidur, jadi kudu bener-bener ngejaga, paling kalo bosen mamaku cuman baca majalah, ga bisa jalan-jalan... Padahal dia seneng jalan-jalan, walopun ga beli asal jalan-jalan aja (a.k.a. cuci mata sambil pegang-pegang sana sini hehehe) tu dah terhibur, and sifat ini juga nurun ke aku hehehe...

Aku inget banget dulu kalo aku sakit, mamaku selalu ngedampingin... Trus tiap kali pulang TK selalu ditanyain "Tadi diajarin apa? Ngapain aja?" Jadilah aku terbiasa kalo cerita detail hehe... Sayang sejak aku jauh gini, mamaku jadi ga ada temen jalan-jalan... dia ga pernah jalan-jalan kalo ga ada aku... Kita sering kadang pelukan tanpa alasan yang jelas hehe... Juga saling gesekin hidung... (ini kebiasaan ama mama 'n engkongku juga dulu) apa yah? Iseng aja getu... bahasa sayangnya kali yah hehe.. Aduh jadi kangen beratzz... sigh..

Sampe sekarang telpon paling ngga tu seminggu sekali ama mom 'n dad. Kadang kalo ga sempet ngomong ama dad ya ama mom doang. Aku tau mereka berat banget pisah ama aku, that's why aku selalu nyeritain juga apa yang aku alamin, my friends di sini, de el el... ngebayangin juga kalo misalnya aku di posisi mereka, pasti aku kuatir juga kalo anakku ga pernah cerita-cerita tentang kerjaan 'n lingkungan pergaulan.. God mizz them a lot...

Miky

He's my cute brother hehe... yepp... not human, but a male cat. Bulunya warna degradasi belang kuning coklat getu, benernya bodinya ga gemuk-gemuk amat, tapi coz bulunya yang megar, jadinya keliatan big getu ^_^ Kalo dimandiin keliatan deh aslinya, kan bulunya pada lepek kena aer hehe... Sekarang Miky dah tua, kira-kira berapa yah.. 4 ato 5 taunan gitu deh.. Kalo malem langsung bobok.. Kalo dulu mah masih sering jalan-jalan di kebun.

Inner handsomenya... imut abis... sopan 'n tau etika (ya sometimes engga juga siy hehe... namanya juga kucing), tapi seringnya anggun. Kalo kita lagi makan and dia pengen, dia bakal duduk menatap ke atas (pandangan matanya itu loh.. ga kuku... hehe..) sambil duduknya tu sopaaan banget... yang awalnya ga mo ngasih pasti jadi luluh hehe... Trus kalo kita kasih makanan di tangan, dia bakal angkat 1 kaki depannya bertumpu di tangan kita, sementara mulutnya menjepit makanan itu, trus dibawa turun ke lantai, then baru dimakan... sopan banget kan.. ga ada yang ngajarin loh hehe... Trus kalo lagi mood, pas ditaruh di pangkuan kita, dia suka mijet-mijet pake dua kaki depannya. Satu lagi, bisa salaman, kalo kita bilang "Ayo Miky salam..." sambil ngulurin tangan kita, dia bakal ngangkat satu kaki depannya nempel di tangan kita hehe... duh lutunaaa... Lup Miky...

That's all.. my family... and I'm grateful to be part of them... Salah satu dari hal-hal yang patut aku syukurin in my life, and one of His best blessing for me... truly.. indeed...

0 comments: