About Father's Day

Tuesday, June 20, 2006 Fay 0 Comments

Minggu kemaren kebaktian di JPCC celebrated Father's Day, Jose Carol pun kotbah tentang figur ayah. Diputerin video juga hiks hiks... asli banjir tuh kalo ga ditahan.. about a father and his son... Banyak yang punya papa tidak bersikap sebagaimana semestinya, mungkin karena dia juga ga dibesarkan dengan semestinya oleh papanya (alias kakek), mungkin karna dia gatau gimana seharusnya dia membesarkan anak, mungkin juga karna dia belum siap mengemban tanggung jawab sebagai seorang ayah. Akhir kebaktian doa bareng 'n forgive our father kalo selama ini mereka ga bersikap seperti yang semestinya 'n bless our father too...

Kisah masing-masing orang berbeda-beda... Ada yang dibesarkan dengan figur ayah yang dingin 'n jarang banget berkomunikasi, ada yang sampe menganiaya anak (memukul, kasar, dll), ada yang mungkin ga pernah ngerasain punya ayah... Intinya kita dibesarkan dalam keluarga yang berbeda dengan figur ayah yang berbeda juga. Sementara aku? I shall be grateful coz I think my dad is the best father that I ever had. Sebelumnya aku ngerasa diperlakukan dengan ga semestinya 'n itu mempengaruhi gambar diriku.

Papaku pekerja keras, dulu waktu awal-awal berkeluarga dia bener-bener fokus ke usaha keluarga (buka toko), sampe tiap hari berangkat pagi 'n pulang malem. Waktu masih TK aku inget semua keluarga masih lengkap kalo malem, and every night before I went to sleep I always kissed them one by one (my grandpa, my grandma, my dad 'n my mom). Tapi waktu udah SD aku jaraaang banget ketemu papaku, coz pagi sebelum aku kelar siap-siap buat sekolah papaku udah berangkat duluan ke toko, malem papaku baru pulang setelah aku tidur. Tapi di sela-sela waktu itu papaku masih meluangkan waktunya buat ngajarin aku naek sepeda roda 2, aku inget dulu aku ngayuh pelan 'n dia disampingku, tangannya megang kepalaku supaya aku juga sambil belajar menyeimbangkan badanku.

Kalo inget masa kecil yang paling berkesan, aku inget cium pipi sebelum tidur itu ama semuanya, trus kalo papaku pulang kulakan barang dari Surabaya naek motor, aku 'n mamaku nunggu di halaman sambil cerita-cerita. Papaku selalu pulang dari Surabaya bawa makanan, yang paling aku inget siy seringnya bawain roti goreng (kesukaanku 'n papaku), pernah juga bawain kue vla (aku lupa namanya apa hehe... tapi aku masih inget persis bentuk 'n rasanya... ga pernah nemu lagi kue kayak gitu...), trus kita bertiga masih duduk di luar, di undakan, ngomong-ngomong di bawah langit malam yang penuh bintang (puitis bow hehe... abis emang kayak gitu... I really miss that moments...).

Pas SMP, papaku pernah say sorry coz dia baru tau dari temennya kalo harusnya anak kecil itu paling butuh perhatian dari kedua ortu, bukan cuman mama doang, sementara aku cuman mamaku yang terlibat penuh pas masa-masa SD itu (ngerawat pas aku sakit, nemenin, ngajak cerita-cerita, belajar, dll) coz papaku fokus ke usaha. Dia bilang dia kerja keras coz dia gamau aku ngalamin kayak dia dulu (papaku dulu miskin banget, sampe beli soto 1 porsi aja dijadiin 2 hari buat 3 orang, dia, mamanya 'n papanya. Dia juga dulu sebelum pergi sekolah harus ke pasar dulu jualin kue-kue bikinan mamanya.).

Sering aku ngerasa ada jarak antara aku 'n papaku, ga bisa lepas kayak aku ama mamaku... Maybe juga pengaruh dari kurangnya komunikasi yang terjalin pas masa kecil itu, maybe ada pengaruh juga dari karakter papaku yang kaku, ga bisa mengungkapkan rasa sayang lewat sentuhan maupun kata-kata, kesannya juga ga peduli. And yang paling menyakitkan buat aku (emotionally) papaku lebih sering mengekspose kekuranganku 'n ngebandingin ama kelebihan orang laen, kalo didepan orang lain atau di depan umum yang dibanggain tu orang lain. Pernah aku bertanya-tanya "Sebenernya papaku bangga ga sih punya anak kayak aku?" Ini juga jadi ngefek ke caraku memandang diriku sendiri. Aku jadi sering ngebanding-bandingin diriku ama orang laen, ngerasa apapun yang aku lakuin ga pernah cukup... Aku cuman pengen denger papaku ngomong kalo dia bangga 'n sayang ama aku.

Sebenernya ga perlu ditanyain lagi sih... definitely papaku sayang ama aku, cuman maybe karna perbedaan persepsi, perbedaan karakter (papaku orangnya ga terlalu sensitif sementara aku sensitif), jadi aku nangkepnya beda ama apa yang dia coba sampein. Bahasa kasihnya juga beda... anak-anak butuh sentuhan 'n ungkapan lewat kata-kata juga selain perbuatan, karna mereka butuh pengukuhan nilai / keberhargaan dirinya dari orang tua mereka. And so am I...

Baru di sini (di Lippo Cikarang sini kan aku bener-bener alone, jarang denger omongan papaku or orang-orang yang punya banyak harapan "kamu harusnya kayak gini", "kamu baiknya itu kayak gitu", "ini tu bagus, kok kamu ga suka? aneh..." Kata-kata kayak gitu...) dalam keadaan terpisah 'n ga ada orang yang pernah mengenalku sebelumnya, aku jadi mulai bisa mengenali 'n menerima diriku sendiri. Dulu aku gatau apa yang aku suka 'n apa yang aku ga suka (dalam beberapa hal tertentu) coz aku selalu ngalah 'n ikut pendapat orang, atau menyembunyikan beberapa sisi diriku yang berbeda ama kebanyakan orang (yang aku sebut "normal" people). Aku pernah nyoba just act "normal", just like everybody else, but I can feel clearly that I'm not like that, itu bukan aku...

Lama-lama God mulai mengajar 'n nanemin kebenaran-kebenaran dasar, entah lewat renunganku atau lewat buku, bahwa setiap orang itu unik 'n Dia punya tujuan dengan keunikan masing-masing orang. Kita juga bertanggungjawab untuk memaksimalkan keunikan kita supaya kita bisa saling melengkapi dengan yang lain jadi satu kesatuan Big planNya (inget tulisanku tentang puzzle?). And about my dad? I just gotta understand him 'n love him better... And buat ke depannya kudu punya pasangan yang udah ngerti kebenaran tentang menjadi seorang ayah yang seharusnya ^_^

Kemarin mamaku telpon aku 'n aku sempet juga cerita tentang ini ke dia, ini baru pertama kalinya aku cerita dalem. And apa yang aku rasain, mamaku really is seorang penolong buat papaku... mamaku tau karakter 'n kekurangan papaku yet still memahami 'n ngertiin papaku. She said papaku emang kurang sensitif, papaku juga sering mengekspos kekurangan mamaku di depan orang, but mamaku nganggep itu sambil lalu, ga dimasukin hati coz dia dah tau kalo papaku emang gitu. Trus dia cerita satu hal yang sweet banget... mamaku kan bilang kalo papaku emang kaku banget, tapi keliatan kalo dia sayang ama mamaku 'n ama aku juga...

Mamaku kan sampe sekarang masih kontrol kaki ke Surabaya tiap minggu (karna pernah kecelakaan motor 2 tahun lalu), walau keliatannya ga perhatian yang sampe gimana gitu, tapi papaku merhatiin perkembangannya, and hal-hal kecil laen... Trus waktu beberapa minggu lalu aku bilang ke papaku kalo aku pengen Sony Ericsson K750i itu, tiap baca koran pagi papaku nyari iklannya, nyari perbandingan harga, sampe pesen ke mamaku juga bantuin liat koran kalo-kalo terlewat ama dia, trus juga nanya-nanya ke langganan toko... So sweet... ^_^ Aku ga nyangka sampe segitunya...

Trus mamaku cerita-cerita lagi, masih tentang papaku... papaku masih rajin (like he used to) ngelapin sepedanya sampe kinclong (kan ke toko naek sepeda), sampe-sampe orang-orang yang beli barang di toko nanya apa itu sepeda baru saking kinclongnya hehehe... Kebayang semuanya pas mamaku cerita... I can saw my dad read newspaper in the morning, sambil kadang baca beritanya dengan nada kayak pembaca berita di TV hehe (latian katanya biar bisa baca bagus), ngelapin sepeda, gunting-gunting taneman... Jadi pengen pulaaaaaang... Juga pas cerita-cerita tentang Miky... Ufgh.... God, can I go home for a while? Hopefully...

0 comments: