God's Blue Print

Friday, June 09, 2006 Fay 0 Comments

Tadi abis chappel all staff di kantor, terinspired ama kotbahnya Pak Ronny Sujak (bener yah namanya tulisannya gini? hehehe...) tentang Desain 'n Taat... Jadi keinget lagi tentang apa yang dah God ajarin ke aku dulu...

God dah punya blueprint tentang kita sebelum Dia nyiptain kita. God memimpin 'n ngebentuk kita berdasarkan blueprintnya itu (a.k.a. hasil akhirnya) 'n prosesnya tetep dari awal. But apakah nantinya kita bakal jadi sesuai kayak blue printnya Dia atau enggak, itu tergantung kita, tergantung ketaatan kita. God udah 'n pasti ngelakuin bagianNya, but the question is, apakah kita udah ngelakuin bagian 'n tanggung jawab kita?

Ada 2 perumpamaan yang inspired banget:

1. Tentang anak rajawali yang diasuh 'n dibesarkan oleh induk ayam 'n sampe mati dia ga pernah tau kalo dirinya sebenernya rajawali 'n bisa terbang. It's so tragic isn't it? Banyak dari kita dibesarkan dalam lingkungan yang kadang ga mengenali siapa kita sebenarnya, yang membentuk 'n membesarkan kita sesuai dengan cara mereka sendiri tanpa mengenali keunikan dan beberapa perbedaan kita dari mereka (bisa dalam hal karakter, bakat, dll). Akibatnya kita sendiri jadi ga pernah hidup sebagaimana seharusnya kita, hidup kita jadi ga maksimal. Just like anak rajawali itu, karna dia menyangka dirinya ayam, dia ga tau kalo dia sebenernya bisa terbang, juga banyak orisinalitas lain yang bener-bener berbeda dari cara hidupnya sebagai ayam. It's so tragic if we get to the end of our time in this world without knowing who we are...

2. Tentang patung dan lantai di sebuah museum yang sama-sama berbahan dasar pualam a.k.a. marmer. One day lantai mengeluh ama patung, "Kamu benar-benar beruntung, semua orang yang datang kesini selalu ingin melihatmu, orang-orang penting selalu berfoto denganmu,... Tidak seperti kami yang cuman diinjak-injak." Patung marmer itu nanggepin, "Kita kan diambil dari gunung yang sama. Waktu seorang pemahat datang dan mulai mengerjakan kalian, kalian berkali-kali menolak dia. Akhirnya pemahat itu melihatku di belakang dan mengerjakan aku. Aku merasakan sakit, sama seperti kalian. Berkali-kali aku merasa tidak tahan dan sudah cukup, tapi aku berusaha tetap taat, aku ingin melihat seperti apa jadinya aku nanti kalau aku membiarkan pemahat itu menyelesaikan pekerjaannya. Dan sekarang inilah hasilnya. Kalian hanya sanggup dibentuk sampai seperti kalian yang sekarang..."

Perumpamaan pertama berbicara tentang Desain, perumpamaan kedua bicara tentang Taat. Dulu God ngajarin aku tentang ini waktu aku lagi mo bikin tempat lilin dari gabus (kebayang ga? hehe... sayang dulu aku ga pernah fotoin...). Jadi pas waktu aku ngekos kuliah di Surabaya, aku pengen bikin tempat lilin dari gabus yang ditempel di tembok kamar, modelnya kayak lampu yang melekat di dinding gitu, ya semacam itulah... Dicat juga pake cat gabus. Awalnya aku ngebayangin dulu bentuk akhirnya, trus mulai ngegambar rancangannya, gimana bikin bagian-bagiannya, mikir gimana bentuk amannya supaya penutup dari gabusnya ga kebakar ama lilin yang nantinya ditaruh di antara gabus-gabus itu, pokoknya all the details deh... Sampe trus aku mulai bikin potongan-potongan gabusnya, dilem, sampe jadi 'n dicat... Sampe akhirnya jadi 'n menghias kamar kosku hehe... (buat kalo mati lampu, nyalain lilin itu, bagus deh sinarnya keluar jadi berkas-berkas gitu (kan ditutupi ama susunan potongan gabus). And waktu itu Dia nge-klik-in tentang ini ke aku... Bahwa Dia juga melakukan hal yang sama waktu Dia nyiptain manusia...

Awalnya Dia udah punya blueprint tentang kita, rencana, fungsi, keunikan, tujuan, and all the details... Dia ngerancang kita sesuai dengan tujuan yang udah Dia tetapkan sebelumnya. Bedanya ama yang aku kerjain cuman satu ini, kalo yang aku kerjain tu benda mati, yang ga bisa protes kalo aku ngebentuknya gimana-gimana gitu. Sedang yang Dia kerjain itu manusia, yang punya free will... Rancangan awalNya atas kita tetep ga bisa terjadi kalo kita ga sejalan ama Dia, kalo kita ga taat, kalo kita memutuskan untuk berhenti atau menentukan sendiri bentuk akhir kita. Sama seperti ini, yang paling tau tentang suatu barang ya pasti pencipta atau pembuat barang itu, begitu juga siapa yang paling tau tentang kita? Tentu aja Pencipta kita, which is God Himself. Kalo kita bikin keputusan sendiri yang ga sejalan ama rancangan awalNya, itu tetep bisa terjadi, but tetep ada something inside us yang ngerasa ga match 100%... It's just naturally happens coz kita hidup ga sesuai ama kapasitas, fungsi 'n blueprintNya. And balik lagi juga ke pilihan setiap orang...

Ada juga perumpamaan tentang puzzle. Aku dulu dapetnya gini.. Masing-masing kita adalah 1 keping puzzle, sementara seluruh puzzle yang utuh itu big plannya Dia. Kita ini kayak keping-keping satu puzzle besar, yang masing-masing dah punya "tempat" (fungsi, bentuk yang unik, pokoknya all the unique details about us lah) di puzzle itu. Big plannya God baru bisa terjadi perfectly kalo kita masing-masing berfungsi dengan maksimal sebagaimana siapa kita. Kalo yang menurut Ronny Sujak, dia ngumpamainnya God itu menyusun 'n membentuk kita (prosesnya) itu sama kayak orang yang menyusun puzzle sampe jadi satu gambaran yang utuh. Dia melakukan proses itu berdasarkan (mengacu pada) gambaran akhirnya, 'n Dia memulai proses kita itu dari awal (menyusun satu demi satu keping puzzle di tempat-tempat yang tepat sampe akhirnya bisa jadi satu gambar yang match ama gambaran akhir yang seharusnya. Saling ngelengkapin siy hehe...

Yang jelas aku mau ntar kalo it's time for me to meet Him, aku gamau kalo selama in this temporary world aku ga sukses jadi diri sendiri, jadi semaksimal mungkin sebagaimana blue printnya atas aku sejak semula... Oh iya, aku recommend satu buku bagus tentang gimana sukses jadi diri sendiri, percaya deh, bagus banget bukunya. judulnya "How To Be Succeed At Being Yourself" karangan Joyce Meyer (tenang-tenang... bahasa indonesia kok hehehe...). Bacanya sambil direnungin... tu buku inspired banget...

0 comments: