Be Yourself?

Thursday, July 20, 2006 Fay 0 Comments

"Be Yourself"... is it just some easy words to defend ourself from other's intimidation (means negative) or other's advice (means positive), or is it a precious words to remind us, to know ourselves, accept 'n love ourselves with our own uniqueness?

Bermula dari obrolan ringan pas makan siang... As usual, aku belakangan ini lunch di kantin kantor, coz TB (Tenda Biru - tempat makan langganan anak-anak CBN) ga jemput lagi (anak-anak kebanyakan dah pindah ke Cibiru kalo makan). Tadi kita semua (aku, Eva, kak Prima, kak Marcell, kak Adi, mbak Kris, 'n bu Tina) makan siang di kantin bareng Kris (Kris ini bule yang magang di Dept. Produksi). Aku lupa awalnya mbak Kris atau bu Tina yang nanya, must be one of them deh hehehe... mereka nanyain Kris tentang 10 hal yang dia ga sukai dari seorang cewek.

Hal pertama yang dia sebut (yang langsung menohok aku tanpa ampun) "I don't like quiet girl..." It's like a big hammer knocked me down ampe penyet... Bukannya aku ngarep or gimana getu, aku mah ga ada niat kesitu, kenal juga kagak, cuman basa basi doang, itupun rame-rame. Cuman aku ga suka aja, emang kenapa kalo pendiam? Kak Adi sempet nyeletuk, "Fifi is a quiet girl..." aku pikir maybe kak Adi ga bermaksud apa-apa, cuman nyeletuk aja, but like I wrote before about "be careful to use ur mouth"... aku sempet jadi tambah down... Okey... here we go again... another condemns... I don't like to be judged! They don't even know me! Aku emang ga terbiasa buat langsung cuap-cuap or cerita or ngobrol panjang ama orang yang baru aku kenal, ya emang gitu, bukan karna aku berniat mo diemin orang. Kalo udah akrab 'n nyambung baru aku cerewet 'n becanda-becandaan. Sometimes I'm so tired understanding people but no one understand me...

Mereka berhenti di saat mereka belum kenal dalem ama aku... This is one reason why aku ga suka kalo orang yang belon kenal aku dalem ngisi testiku di Friendster... rata-rata selalu bilang aku pendiem... It's just becoz they stop there, dat's why penilaian mereka belon objektif. Semua temen-temen akrabku waktu kuliah kalo ngasih testi tu selalu bener 'n tepat kalo mereka describe about me, coz they know me sampe dalem, bukan cuman di permukaan.

Aku sendiri emang nyadar banget, sejak di Lippo Cikarang sini (salah satunya setelah 1 peristiwa yang I guessed dah bikin aku rada trauma with the people of my office), aku jadi lebih pendiem 'n lebih tertutup dibanding dulu... I really don't feel comfortable... Dats why I really miss my friends 'n anak-anak oikos di Surabaya... Coz I can be the real me, no manipulation, cuman ada ketulusan 'n saling menghargai. Bedanya jauh banget... Di sini aku lebih dikenal sebagai "pendiem banget", bahkan aku pernah denger ada orang kantor yang mikir kalo aku sombong... It hurts you know?! You don't even know me... Dat's why I can't get easily attached to people here... kadang beberapa orang di sini juga bikin aku ga ngerti, kecuekannya..., kayak ada satu tembok yang menghalangi keterbukaan 'n ketulusan bersahabat gitu... gatau apa... I just feel it...

Balik ke omongan Kris tadi, emang aku sempet bete siy, kan ga adil banget dia nyebutin kayak gitu, mengesankan seolah-olah cewek pendiem itu ga baek. I thought it's better to mention what we like, rather than what we dislike, so people will know that we have our own preference but we still appreciate the others. But actually toh itu kan preferensi dia juga, aku pun juga punya preferensi sendiri, and aku jadi cooling down hehe... Salah satu kata-kata dia yang bener tu, dia bilang dia suka cewek yang nyaman menjadi dirinya sendiri, dia ga terlalu mempermasalahkan apa cewek itu make-up freak or naturally, feminin or sporty, sepanjang dia be herself aja. Coz dia juga ga suka ama cewek yang berusaha mengubah dia sampe dia ga bisa be himself. Dat's fair though...

Kita emang kudu jadi diri kita sendiri, coz God has His own plan about our uniqueness (include potensi, minat, karakter alamiah, etc). Yang ga bener adalah kalo slogan "Be Yourself" itu dipake buat alasan untuk ga mau berubah ke arah yang lebih baek, misalnya lebih disiplin, atau lebih peka, atau lebih friendly... pokoknya perubahan positif yang emang perlu kita lakuin to be a better person, not to be someone else. So... Be yourself!!!!

0 comments: