Hati-hati Gunakan Mulutmu

Thursday, July 20, 2006 Fay 0 Comments

Mouth... we can use it to say positive words (encourage people, make the flattered, make them proud of themselves, cheer them up, wise advices, sharing life...), or negative words (ngejudge, bikin orang tersinggung, bikin orang down, bikin orang jadi ga pe-de...). It's our choice to make.

Memang bener bahwa ga selamanya 'n ga semua orang seneng ama kita. Ada beberapa orang yang mungkin merasa tersinggung karna kata-kata kita padahal kita hanya mengungkapkan pendapat atau perasaan kita 'n sama sekali ga bermaksud menyinggung mereka, but kenyataannya mereka sakit hati karena perkataan kita. Ini juga bukan berarti kita trus harus jadi bener-bener freaked out kalo mo ngomong something. Tapi satu hal yang perlu kita pahamin adalah, setiap orang punya latar belakang yang berbeda, tingkat sensitivitas yang berbeda, pola pikir yang berbeda, persepsi yang berbeda, 'n sometimes people punya suatu rasa tidak aman dalam diri mereka yang rentan terhadap satu topik pembicaraan atau satu area kehidupan. We have to adjust our words when we face a different person, know when to listen, know when to talk.

Di sisi lain, we are human too... and kadang kita juga ngerasa tersinggung atau down karena kata-kata orang laen. Mungkin mereka melakukannya dengan sengaja atau sering tanpa sadar, karena adanya perbedaan tingkat sensitivitas 'n juga perbedaan batasan privasi. Ekstrimnya niy, ada orang yang sama sekali ga peka 'n just speak out whatever they feel or think about anything, they didn't mean to hurt others, but they just did... Ada juga orang laen yang sensitivitasnya tinggi, perasa 'n gampang tersentuh, kalo mereka cuman nerima mentah-mentah semua omongan orang laen tentang mereka atau omongan orang laen ke mereka, wah bisa-bisa depresi kronis tuh... atau jadi hiper-emosional, which is juga ga baek buat kesehatan 'n keseimbangan emosional mereka sendiri. Seringkali kebanyakan kita ada di antara 2 tipe ekstrim ini, kadang kita sensi, kadang juga kita ga sadar kalo kita dah nyakitin orang laen dengan omongan kita, walopun kalo itu cuman celetukan aja.

So better siy kayak lagu sekolah minggu... "Hati-hati gunakan mulutmu..." hehehe... Dat's true... we have to be wise with our words 'n peka juga ama waktu yang tepat... Paling aman siy kalo mo numpahin uneg-uneg curhat aja di blog hehehe... or kalo private banget ya di diary getu... the safest place tuh, sambil kita belajar meng-adjust omongan kita

0 comments: