The Miscommunication Thing

Wednesday, July 05, 2006 Fay 0 Comments

Abis baca blognya Ester (ga kenal siy hehe...) and think about what I'm gonna write today, suddenly aku inget tentang ini hehe... Ester kan ngomongin tentang ketulusan hati, and it makes this point just pop up in my mind, bahwa kadang ketulusan hati itu bisa disalahartikan atau ga dikenali karna miscommunication.

Sering banget kita ngalamin miscommunication, terutama kalo kita gaul atau lagi berurusan ama orang-orang yang karakter utamanya ("Koleris-Sanguinis-Melankolis-Phlegmatis" ato lebih bekennya "Dominan-Intim-Stabil-Cermat") beda ama kita. Banyak banget perbedaan selaen itu yang bisa bikin kita ga nyambung or salah persepsi or salah mengenali or salah-salah yang laen. Tapi ga cuman perbedaan siy, kadang body language, nada suara, 'n kondisi emosional kita juga ikut ngaruh.

Kalo dari pengalaman siy (yang ekstrim ni), pernah punya temen yang Sanguinis abiez. Automatically aku langsung Listening Mode ON, soalnya tau kan kalo sanguinis tu kuat di mulutnya. Yang jadi masalah, secara aku Melankolis Phlegmatis, aku jarang banget bisa cerita ampe kelar ke dia. Dari sudut pandangku, dia gampang banget distracted, cepet beralih topik pembicaraan, susah fokus, susah dengerin sampe tuntas, obrolan yang menurutku belon kelar 'n masih harus diomongin biar dapet pemecahannya, menurut dia udah kelar. I guess hal-hal semacam itu, perbedaan yang jauh banget itulah yang akhirnya bikin aku ga nyaman lagi cerita-cerita ama dia 'n akhirnya jadi ga deket lagi. Trus di sisi lain, aku juga punya temen... emm... aku masih belon tau persis kombinasi karakter utamanya apa, cuman kayaknya dia ada Melankolisnya, Sanguinis Melankolis maybe... Kalo ama dia, aku nyaman banget kalo cerita-cerita or berbagi. Pas dia cerita aku dengerin 'n pas aku cerita dia dengerin, ampe tuntas. Bagian yang paling penting, dia selalu nanya kalo ceritaku kurang jelas 'n mengulang lagi maksud kata-kataku (ini yang menurutku esensi dari komunikasinya hehehe... ini menghindarkan kita dari salah paham ama omongan lawan bicara). Itu yang aku pelajarin dari dia, and bisa ditebak, aku jadi nyaman berbagi ama dia.

Yang aku ceritain di atas itu kebetulan dua pengalaman yang paling bertolak belakang siy. Pengalaman miscommunication yang lain juga banyak cuman ga se-ekstrim kisah di atas. Kadang kalo abis ngomong-ngomong ama orang 'n aku ngerasa kayaknya omongan orang itu menyinggung aku, aku membiasakan diri untuk cooling down dulu 'n try to figure it out, apa aku ngerasa tersinggung karna aku yang lagi sensi, karna omongan dia bener 'n egoku ga bisa terima, karna karakter 'n persepsi dia yang beda ama aku, karna dia yang lagi emosional, atau faktor-faktor yang laen. Aku mo bener-bener ngebiasain cooling down ini, coz dengan berdiam diri dulu 'n ga langsung bereaksi, tu mencegah kita berbuat hal-hal yang mungkin belakangan bakal kita sesalin. And definitely it's good for our emotional health too! Hehehe....

Misscommunication bakal lebih gampang diberesin terutama kalo kita dah bener-bener kenal ama seseorang ini. Kenal dalem tu maksudnya selaen tau karakter utamanya, juga tau orang ini trustable apa engga, tulus apa engga, kebiasaannya, gimana reaksinya kalo emosinya lagi ga stabil (misal lagi marah, lagi sedih, lagi hang, de es te...). Coz kalo ga kenal dalem, kadang kita masih ga bisa yakin akan maksud dia yang sesungguhnya dibalik sikap luar 'n kata-katanya. Selaen itu, kita juga kudu siap, coz meskipun kita ngerasa kita dah kenal banget ama seseorang, but yang bener-bener tau the whole of her/him tu cuman God. And sometimes people change too...

Dat's why komunikasi itu ga cuman horisontal tapi juga vertikal, ya to ya? Hehehe... Jadi kan ga bisa nyangkal juga, dalam suatu hubungan (entah itu persahabatan, keluarga, atau berpasangan) esensinya itu vertikal a.k.a hubungan ama Dia. Coz Dia ikut campur tangan dalam semua hubungan yang kita punya 'n juga mempertemukan kita dengan orang-orang tertentu dalam sebuah hubungan, supaya kita belajar dari situ 'n jadi lebih baik, lebih dewasa, dan juga ngerasain kasihNya lewat mereka Isn't that beautiful?

0 comments: